Kamis, 13 Januari 2011

Menghilangkan Pesan “Press F1 to continue” Saat Komputer Booting

Menghilangkan Pesan “Press F1 to continue” Saat Komputer Booting


Pada beberapa komputer yang umurnya sudah cukup tua biasanya mulai timbul berbagai macam permasalahan, dari komputer yang terasa berat saat dijalankan, komputer sering restart, jam pada komputer sering berubah sendiri, hingga saat booting atau mau masuk windows keluar peringatan untuk menekan F1 agar bisa masuk windows ataupun lainnya. Berbagai masalah ini biasanya timbul karena beberapa komponen komputer sudah tidak bekerja secara maksimal lagi, seperti layaknya manusia, makin tua umurnya maka kinerjanya juga akan semakin menurun.
Disini saya akan sedikit berbagi pengalaman bagaiamana cara mengatasi komputer yang selalu keluar perintah press F1 to continue saat akan booting atau masuk windows. Munculnya peringatan ini biasanya didahului dengan keluarnya peringatan “CMOS Checksum error -Defaults loaded”, penyebabnya adalah karena sistem BIOS pada saat melakukan checking sistem pada CMOS terjadi masalah sehingga proses pengecekan tidak berjalan dengan sempurna.
Bagaimana cara mengatasinya sebenarnya sangat mudah (berdasar pengalaman) ini biasanya dikarenakan karena batre CMOS sudah tidak bisa lagi menyimpan arus untuk mensuplay memori untuk menyimpan data settingan seperti jam atau lainnya. Untuk mengatasi hal ini kita cukup dengan mengganti batre CMOS dengan batre yang baru.
Berdasarkan pengalaman maka setelah dilakukan penggantian batre CMOS maka peringatan permintaan untuk menekan F1 saat booting atau akan masuk windows akan hilang dan komputerpun sudah bisa berjalan dengan normal.
Penggantian batre CMOS ini juga berlaku ketika pengaturan jam pada komputer selalu berubah ketika kita matikan dan tidak kita nyalakan lagi dalam waktu yang agak lama.
Selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar